Powered By Blogger

Senin, 10 Januari 2011

H. DMA Kaharuddin Resmi Ditetapkan Sebagai Sultan Sumbawa

 Foto: Sultan Kaharuddin IV

KM Bala Kunin, 11 Januari 2010.
         H. Daeng MA Kaharuddin resmi ditetapkan sebagai Sultan Sumbawa dengan Gelar Sultan Kaharuddin IV. Penetapan Tersebut dilakukan melalui Musyakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa Sumbawa 2011 yang di gelar di Istana Dalam Loka 8 hingga 10 Januari 2011. Dalam kegiatan tersebut semua unsur perwakilan masyarakat dari dua kabupaten yaitu Sumbawa dan Sumbawa Barat setuju dengan disusulkannya DMA Kaharuddin sebagai sultan sumbawa.
        Berdasarkan ketetapan surat pengukuhan nomor : 05/MR-LATS/2.1/1432.2011 tanggal 10 januari 2011 atau 6 safar 1432 H tentang pengukuhan sultan sumbawa ditetapkan, mengukuhkan DM Kaharuddin sebagai sultan sumbawa dengan sebutan Sultan Kaharuddin IV. Dalam surat ketetapn tersebut juga tertuang tugas dan tanggung jawab sebagai sultan diantaranya, diamanatkan untuk mampu melestarikan dan mengembangkan adat tana samawa, juga menuju tercapainya masyarakat tana samawa religius, modern dan  demokratis.
        Berbagai pertimbangan juga disampaikan didalam surat keputusan tersebut di Antaranya mengangkat DM Kaharuddin sebagai putra makhota Sumbawa 5 April 1941.
        Sementara itu Sultan Kaharuddin IV mengawali sambutannyasetelah di tetapkan melalui keputusan tersebut, mengatakan bahwa penobatannya sebagai sultan adalah amanat dari rakyat.
        Juga dalam sambutan pertamanya, Sultan kaharuddin IV menitipkan salam kepada semua rakyat dan tau samawa bahwa dirinya siap sebagai sultan.
        "Bismillahhirahmanirrahim" demikian yang dikatakan sultan saat pertama kali menerima dan menjalankan tugas sebagai Kaharuddin IV.
        Sementara itu Istana Dalam Loka Penuh dengan tangisan gembira disaat panitia menyampaikan surat ketetapan sebagai sultan. susana baru dengan Tarian Allahu Akbar dan iringan Solawat Badar menghiasi dan mewarnai suasana Dalam Loka saat itu.
        setelah pelantikan semua peserta menyempatkan diri untuk bersalaman dengan sultan baru. (c-risma)









Tidak ada komentar: